Oleh: risars | 21 November 2008

Struktur Padatan, Silika

SILIKON DIOKSIDA

Senyawa Universal

Silikon dioksida (silika, SiO2) merupakan senyawa yang umum ditemui dalam kehidupan sehari-hari dan banyak digunakan sebagai bahan baku industri elektronik. Silikon dioksida kristalin dapat ditemukan dalam berbagai bentuk yaitu sebagai quarsa, kristobalit dan tridimit. Pasir di pantai juga banyak mengandung silika.

Silikon dioksida terbentuk melalui ikatan kovalen yang kuat, serta memiliki struktur lokal yang jelas: empat atom oksigen terikat pada posisi sudut tetrahedral di sekitar atom pusat yaitu atom silikon. Berikut ini struktur lokal dari silikon dioksida:

sio2_prop_11

Gambar 1. Struktur Lokal Silikon Dioksida


Atom oksigen bersifat elektronegatif dan kerapatan elektron pada atom silikon sebagian ditransfer pada atom oksigen, tetapi tidaklah tepat jika silika dikatakan sebagai garam yang terdiri dari ion Si4+ dan ion O2-, yang terkadang ditemukan dalam beberapa literatur. Untuk memahami hal ini maka dapat dilihat melalui arah ikatan (momen dipol) pada struktur silika.

Sudut ikatan di sekitar O-Si-O merupakan sudut tetrahedral yaitu sebesar 109; jarak antara atom Si-O sebesar 1,61 Å (0,16 nm).

Silikon dioksida memiliki ikatan yang disebut “jembatan” oksigen yang terdapat diantara atom silikon, hal inilah yang memberikan sifat unik pada silikon dioksida. Sudut ikatan pada Si-O-Si sekitar 145, tetapi nilai ini sangat bervariasi antara 100-170 yang dipengaruhi oleh perubahan energi ikatan, Sehingga sangat memungkinkan terjadinya rotasi ikatan secara bebas.

sio2_prop_21

Gambar 2. Sudut Ikatan Si-O-Si

Cara yang cukup mudah untuk mengamati struktur SiO2 adalah dengan menggunakan model Zachariesen-Warren. Struktur SiO2 terbentuk melalui kelompok-kelompok SiO4 yang saling berikatan melalui atom oksigen pada sudut-sudut tetrahedralnya, ikatan ini dapat terbentuk dalam berbagai variasi sudut.

sio2_network_laxman1


Gambar 3. Struktur Padatan Silikon Dioksida

Variasi sudut yang terbentuk sangat memungkinkan terbentuknya struktur kristalin yang berbeda-beda pada silikon dioksida, dan dapat dengan mudah membentuk struktur amorfous. Silikon dioksida memiliki 35 bentuk kristalin dengan berbagai kerapatan yang berbeda-beda (17 sampai 43 unit SiO2 per 100 Å3). Beberapa bentuk kristalin dari silikon dioksida:

Referensi

http://www.enigmatic-consulting.com/semiconduktor_processing/CVD_fundamentals/filmsTOC.html

http://cst-www.nrl.navy.mil/lattice/struk/KSiO2.html

Iklan

Responses

  1. seberapa besar energi aktivasi SiO2 untuk mndukung reaksinya dengan kalsium karbonat (CaCO3) ???

    Risa :
    Waduh, maaf ya mbak saya belum mempelajari sampe kesana, tapi bila dilihat dari hasilnya dengan basa saja dia perlu energi dari luar yang artinya energi aktivasinya tinggi, maka kemungkinan dengan kalsium karbonat energi aktivasinya akan lebih tinggi, baru mungkin lho…

  2. mbak, tolong dong buat gambar turunan silica apa saja ?

    Risa:
    InsyaAlloh nanti saya buat posting-an tentang senyawa2 turunan silika,Ok

  3. wah keren2, q makasih banget ne, q nyari2 dasar teori ttg silika agak susah, banyaknya silika gel
    mbaknya ne kuliah jur apa?
    punya metode pembuatan silika dari kaca g mbak?
    trus klo misalnya silika (SiO2) ma TiO2 dicampur kira2 bereaksi ga se?
    to cuma campur ja?
    tolong di bales ya mbak, he…buat TA ne

    Risa RS :
    Saya kuliah di jur kimia. Gak terlalu mendalam sih tahu ttg silika, tp ntar coba dicariin ya….
    klo silika dicampur dg TiO2 sepertinya tidak akan terjadi apa-apa, karena biasanya silika direaksikan dlm kondisi tertentu, misal hidrotermal, atau suhu tinggi, tapi hrs dicek lg…

  4. mau nanya mbak?

    Ada yg bilang bahwa SiO2 banyak terdapat di pasir laut,yg saya mau tanyakan adalah apabila saya merendam besi kedalam pasir silika yang telah dicampur air apakah akan terjadi korosi pada besi tersebut
    yang terakhir yang mau saya tanyakan adalah tentang reaksi kimia:
    1. H2SO4 + Ca(OH)2 =………..?
    2. SiO2 + Ca(OH)2 =……………?
    3. Ca(OH)2 + ion klorida (kandungan air laut)

    RisaRS:
    Besi direndam pake pasir silika yang dicampur air dalam wadah terbuka, pasti akan terjadi korosi, krn syarat unt trjadi korosi trpenuhi yaitu ada air dan oksigen (dari udara). klo dicampur zat lain seperti silika ada kemungkinan korosi akan brlangsung lebih cepat, krn zat itu bs brtindak sebagai katalis. Tmn ada yg penelitiannya ttg korosi, jd klo g salah seperti itu.

    klo reaksi :
    1. H2SO4 + Ca(OH)2 => CaSO4 + H2O
    2. SiO2 + Ca(OH)2 => bs banyak kemgkinan (misal:zeolit, klo dipanaskan, klo ga dipanaskan kynya adem2 aj)
    3. Ca(OH)2 + ion klorida => CaCl2 + H2O

    Allohu’alam

  5. Salam kenal,…. bisa nggak mbak aku posting artikel ini di blog aku? nanti sumbernya aku cantumkan yah….. sukses selalu.

    Risa RS:
    Mangga dgn senang hati, silahkan.

  6. mbak kalu kita modifikasi silika gel dengan merkapto kira-kira mekanisme reaksinya gimana

  7. salam kenal…
    mbak,ada nggak bahan2 di alam ini yg mengandung kadar silika yg cukup tinggi seperti abu sekam padi..???
    yg kira2 mudah didapat…
    terima kasih mba..

    • bagaimana klo dihubungkan dengan sintesis zeolit yg perlu silika, “Abu Sekam Padi Sebagai Sumber Silika Pada Sintesis Zeolit”, zeolitnya bisa jenis apa saja yg mungkin dibuat misal zeolit Na-F, K-F, ato ZSM. coba aj ditanya ke pembimbingnya, smg bermanfaat

    • permisi.. abu sekam padi bnyak mengandung silika sekitar 80-98 % walau letak geografisx berbeda

  8. Mb makasih imfonya sangat bermanfaat bagi aku, btw bisa nggak mb carikan alasan mengapa silikon dioksida itu bisa dibuat jadi kaca atau gelas, padahal kita taU kalau silikon dioksida itu berwarna abu-abu karena berasala dari batu dan pasir. mb aku tunggu jawaban mb. thanks

  9. salam kenal….mbk saya tu lg bingung cr judul skripsi, pengennya sih tentang silika dari sekam padi,tp bingung judulnya ap.bisa kasih saran g, judul y elok (y blm d teliti pastinya)?bls ya mbk

    # Risa #
    Salam kenal jg…wah klo silika dari sekam padi kayanya dah banyak yg meneliti ya. Nanti cb saya pelajari dl ya, mungkin ada hal lain yg bisa diteliti 🙂

    • bagaimana klo dihubungkan dengan sintesis zeolit yg perlu silika, “Abu Sekam Padi Sebagai Sumber Silika Pada Sintesis Zeolit”, zeolitnya bisa jenis apa saja yg mungkin dibuat misal zeolit Na-F, K-F, ato ZSM. coba aj ditanya ke pembimbingnya, smg bermanfaat

  10. gtu y mbk. menurut mbk penelitian apa yg bgs saat ini?atau bs g mbk kasih saran penelitian, yg g terlalu susah, g terlalu mahal….bls

  11. salam kenal..
    mba,,sy mw tanya reaksi kimia antara sulfur + silica + gypsum apa ya??..mohon balasannya..

  12. Assalamualaikum,
    salam kenal, tolong sy dikasih gambaran tentang pasir silika kalau boleh yg lengkap karna saya masih awam dengan pasir silika, dan silika yg terjadi dari pembakaran sekam? trimakasih Jazakalloh…

  13. bagaimana memisahkan pasir silika dari unsur lain yg tedapat pada pasir?

    • muhammad : sangat sulit untu memisahkan…….!!!! karena sangat banyak unsur-unsur lain dalam pasir….!! oleh sebab itu, untuk memisahkannya sangat banyak reagen kimia yang diperlukan dan perlu pengaturan kondisi yang tepat,,,,!!! karena hal inilah sampai saat ini belum ada orang ataupun perusahaan yang menghasilkan silikon dari pasir silika….!!!!!
      buat pemilik blog trima kasih artikel yang menarik…!!!!!

  14. […] Struktur Padatan, Silika November 200815 comments 3 […]

  15. salam kenal ya
    saya mau bertanya, yang pertama bagaimana reaksi kimia silika gel apabila terkena uap air atau udara lembab?
    yang kedua unsur apa yang terkandung pada silika gel dan reaksi kimianya seperti apa?
    mohon dijawab ya……..:-)
    terima kasih sebelumnya mohon maaf jika ada salah kata….

  16. mbak salam kenal ya
    saya mau bertanya silika gel mempunyai fungsi sebagai pengering yang saya tanyakan bagaimana reaksi kimia silika gel saat sudah bekerja ( saat menerima uap air )?
    terima kasih mbak,tolong dijelaskan secara awam aja so saya msih belajar…..he…he
    terima kasih sekali lagi

  17. Assalamu’alaikum
    Mbak bisa minta tolong kirimkan karakteristik silika & silika gel lengkap serta temperatur maksimum silika & silika gel untuk dapat menyerap senyawa/molekul-molekul lain. Mohon segera dibalas..
    Terimakasih dan mohon maaf bila ada salah ucapan..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Kalender Hijriyah

%d blogger menyukai ini: